Selasa, 28 April 2015

Interaksi Manusia & Komputer



GUI (Graphical User Interface)
Minggu Ke-5

Sejarah singkat mengenai GUI
Pada awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua program ataupun perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem informasi. Hal ini tentu saja dirasa tidak praktis dan kurang canggih. Selain itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Oleh karena itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat.
Akhirnya lahirlah yang disebut dengan GUI atau graphical User Interface. GUI adalah seperangkat aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibanding tulisan. GUI pertama kali digunakan dalam komputer yang diproduksi oleh Apple yakni Machintosh dengan Steve Jobs sebagai penggagasnya. Namun belakangan sistem operasi lain mengikutinya, seperti misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya yang menjadi tren setter penggunaan start menu dan taskbar di bawah.

Pengertian dan definisi dari GUI :
GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi. Jadi, GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.

Pengembangan applikasi dengan GUI :
saat ini tengah dikembangkan sebuah solusi baru untuk membantu pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP. Solusi baru tersebut adalah Klorofil Platform. Klorofil Platform dibangun oleh suatu komunitas yang bernama Klorofil Collaboration Project atau dikenal juga dengan nama Klorofil. Di dalam Klorofil Platform terdapat sebuah GUI framework yang bernama gambArt. GUI framework inilah yang dapat kita gunakan untuk membangun aplikasi GUI menggunakan PHP. 

Kelebihan GUI :
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.

Kekurangan GUI :
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.
 
Contoh sistem GUI : 
1. Apple Macintosh 
2. Microsoft Windows pada IBM PC 
3. Open Look pada workstation Unix  
4. KDE, GNOME pada Linux 
 
Pengorganisasian Software GUI
 
Windows Libraries  
Terdiri dari set-set operasi standar yang dapat digunakan oleh software tingkat yang lebih tinggi untuk berinteraksi dengan GUI (Intrinsic Function)
  1. Terdapat objek-objek grafis yang disebut widgets  

 Application Program Interface (API) Toolkit 
  1.  Windows libraries tidak digunakan secara langsung, namun disediakan toolkit yang memungkinkan pengkonstruksian GUI dari se-set widget standar. 
  2. Toolkit ini menyediakan Application Program Interface, yaitu fungsi-fungsi untuk mengkonstruksi widget atau memanipulasi komponen GUI yang lain.
  3. Programnya dikatakan call toolkit function
     
Widget GUI 
 Diciptakan, dioperasikan dan dihapus (dikeluarkan) oleh software aplikasi melalui toolkit API.
Contoh widget GUI : 
a.    Box field 
b.    Table field 
c.    Button 
d.    Radio field 
e.    Toggle field 
f.     Bar field 
g.    Scroll bar 
h.    Slide bar

Desktop Metaphor 
  1. Metodologi ‘guiding paradigm’ untuk lebih memudahkan user memahami penggunaan GUI
  2. Metaphor : analogi / kemiripan objek visual pada desktop grafis dengan objek sebenarnya 
Contoh : icon recycle bin dengan gambar tempat sampah, dengan melihat icon tersebut maka asosiasi kita adalah tempat untuk membuang dokumen / file. 


Paket Grafik 
GUI akan lebih bermanfaat ketika digunakan untuk aplikasi yang bersifat visual. Contoh : Graphic package software (software paket grafik)

2 jenis paket grafik :
Painting package (Contoh : MS Paint, MacPaint)
  1. Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan seniman dan perancang grafik dalam pembuatan desain visual kreatif
  2. Menghasilkan tampilan bit-mapped yang berkualitas baik dalam hitam putih maupun berwarna

Drawing package (Contoh : Corel Draw, MS Visio)
  1. Cenderung mempunyai orientasi teknis dengan pengontrolan yang ketat atas skala dan dimensi 
  2. Cenderung merupakan tampilan yang tersimpan sebagai scalable object 
Catatan 
 GUI mempunyai kelebihan tertentu atas “character based interface” tradisional, khususnya pada hal-hal berikut : 
  1. Graphical symbols lebih mudah dikenali dan diingat daripada teks
  2. Direct manipulation, misalnya dengan menunjuk dan mengklik pada objek grafis dengan mouse, akan mengurangi waktu pembelajaran pemakai dan memberinya perasaan pengontrolan yang lebih atas HCI

 Sumber: Buku Interaksi Manusia Dan Komputer Universitas Gunadarma


Tidak ada komentar:

Posting Komentar