GUI (Graphical User Interface)
Minggu Ke-5
Sejarah singkat mengenai GUI
Pada
awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang
diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua
program ataupun perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem
informasi. Hal ini tentu saja dirasa tidak praktis dan kurang canggih. Selain
itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Oleh karena
itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh
orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat.
Akhirnya
lahirlah yang disebut dengan GUI atau graphical User Interface. GUI adalah
seperangkat aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk
lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna
komputer menjadi lebih mudah mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat
perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini
didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibanding tulisan. GUI
pertama kali digunakan dalam komputer yang diproduksi oleh Apple yakni
Machintosh dengan Steve Jobs sebagai penggagasnya. Namun belakangan sistem
operasi lain mengikutinya, seperti misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya
yang menjadi tren setter penggunaan start menu dan taskbar di bawah.
Pengertian dan definisi dari GUI :
GUI
(Graphical User Interface),
adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis
agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau
sistem operasi. Jadi, GUI merupakan
antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu
grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat
sistem operasi yang user-friendly agar
para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada
grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan
para pengguna menggunakan sistem operasi.
Pengembangan applikasi dengan GUI :
saat
ini tengah dikembangkan sebuah solusi baru untuk membantu pembangunan aplikasi
GUI menggunakan PHP. Solusi baru tersebut adalah Klorofil Platform. Klorofil
Platform dibangun oleh suatu komunitas yang bernama Klorofil Collaboration
Project atau dikenal juga dengan nama Klorofil. Di dalam Klorofil Platform
terdapat sebuah GUI framework yang bernama gambArt. GUI framework inilah yang
dapat kita gunakan untuk membangun aplikasi GUI menggunakan PHP.
Kelebihan GUI :
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.
Kekurangan GUI :
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.
Contoh sistem GUI :
1. Apple Macintosh
2. Microsoft Windows pada IBM PC
3. Open Look pada workstation Unix
4. KDE, GNOME pada Linux
Pengorganisasian Software GUI
Windows Libraries
Terdiri dari set-set operasi standar yang dapat digunakan oleh software tingkat yang lebih tinggi untuk berinteraksi dengan GUI (Intrinsic Function)
Terdiri dari set-set operasi standar yang dapat digunakan oleh software tingkat yang lebih tinggi untuk berinteraksi dengan GUI (Intrinsic Function)
- Terdapat objek-objek grafis yang disebut widgets
Application Program Interface (API) Toolkit
- Windows libraries tidak digunakan secara langsung, namun disediakan toolkit yang memungkinkan pengkonstruksian GUI dari se-set widget standar.
- Toolkit ini menyediakan Application Program Interface, yaitu fungsi-fungsi untuk mengkonstruksi widget atau memanipulasi komponen GUI yang lain.
- Programnya dikatakan call toolkit function
Widget GUI
Diciptakan, dioperasikan dan dihapus (dikeluarkan)
oleh software aplikasi melalui toolkit API.
Contoh widget GUI :
a. Box field
b. Table field
c. Button
d. Radio field
e. Toggle field
f. Bar field
g. Scroll bar
h. Slide bar
Contoh widget GUI :
a. Box field
b. Table field
c. Button
d. Radio field
e. Toggle field
f. Bar field
g. Scroll bar
h. Slide bar
Desktop Metaphor
- Metodologi ‘guiding paradigm’ untuk lebih memudahkan user memahami penggunaan GUI
- Metaphor : analogi / kemiripan objek visual pada desktop grafis dengan objek sebenarnya
Paket Grafik
GUI akan lebih bermanfaat ketika digunakan untuk aplikasi yang bersifat visual. Contoh : Graphic package software (software paket grafik)
2 jenis paket grafik :
Painting package (Contoh : MS Paint, MacPaint)
GUI akan lebih bermanfaat ketika digunakan untuk aplikasi yang bersifat visual. Contoh : Graphic package software (software paket grafik)
2 jenis paket grafik :
Painting package (Contoh : MS Paint, MacPaint)
- Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan seniman dan perancang grafik dalam pembuatan desain visual kreatif
- Menghasilkan tampilan bit-mapped yang berkualitas baik dalam hitam putih maupun berwarna
Drawing package (Contoh : Corel Draw, MS Visio)
- Cenderung mempunyai orientasi teknis dengan pengontrolan yang ketat atas skala dan dimensi
- Cenderung merupakan tampilan yang tersimpan sebagai scalable
object
Catatan
GUI mempunyai kelebihan tertentu atas “character based
interface” tradisional, khususnya pada hal-hal berikut :
- Graphical symbols lebih mudah dikenali dan diingat daripada teks
- Direct manipulation, misalnya dengan menunjuk dan mengklik pada objek
grafis dengan mouse, akan mengurangi waktu pembelajaran pemakai dan memberinya
perasaan pengontrolan yang lebih atas HCI
Sumber: Buku Interaksi Manusia Dan Komputer Universitas Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar